Edgerank dalam optimasi fanpage
Untuk menjamin suksesnya promosi menggunakan fanspage membutuhkan setidaknya jumlah penggemar yang banyak, namun itu saja belum cukup karena ternyata dari sinilah timbul sebuah masalah yang dialami banyak pengelola fanspage facebook, status atau promosi yang mereka bagikan tidak sampai atau tidak menjangkau bahkan 50% dari jumlah penggemar fanspage yang mereka kelola, apa masalahnya dan kenapa bisa terjadi seperti itu?Mari kita berkenalan dengan edge rank, affinity, weight, dan time decay
Edge rank, affinity, weight, dan time decay
Seperti halnya pagerank dalam SEO, Edgerank adalah tingkatan ranking yang ditentukan oleh alogaritma facebook untuk menentukan status mana yang akan ditampilkan di beranda seseorang, semakin tinggi edge rank dari status yang dibuat maka akan semakin besar kemungkinan status tersebut tampil di News Feed, Sedangkan nilai Edge rank sendiri adalah jumlah dari nilai affinity, weight, dan time decay.
- Affinity
Affinity adalah nilai kedekatan dan interaksi, artinya semakin besar interaksi antara pembagi status dengan audience (frequensi komentar, like, share), maka semakin besar nilai affinity dari pembagi status tersebut.
- Weight
Weight adalah penilaian bobot sebuah status terhadap pengguna facebook yang menerimanya, status yang dikomentari memiliki nilai weight lebih besar dibanding like. Beberapa percaya bahwa semakin lama penggemar menghabiskan waktu membuka sebuah status, maka semakin besar nilai weight dari status tersebut.Time decay
Dari 3 faktor diatas, dapat disimpulkan bahwa sebuah status yang lebih segar akan lebih mudah menjangkau pemirsa yang memiliki nilai interaksi lebih sering dengan fanspage yang anda kelola.
Lalu bagaimana meningkatkan Edge rank dari fanspage facebook yang anda miliki?
Saya akan mengulas mengenai topik tersebut dalam sebuah strategi hebat mendongkrak nilai sebuah fanpage, tentunya di artikel mendatang, semoga bermanfaat.
Referensi : https://www.facebook.com/help/327131014036297/