Home » , » 5 Penyebab Kegagalan Umum Saat Berpromosi di Sosial Media

5 Penyebab Kegagalan Umum Saat Berpromosi di Sosial Media

Fanpage saya memiliki banyak penggemar, lalu apa? apakah bisa kemudian meningkatkan penjualan? Tak dapat dipungkiri, bagi banyak orang, berbisnis di sosial media terkesan membingungkan, dan jika anda termasuk dari mereka yang mempunyai 2 pertanyaan tersebut, untuk sekedar membantu anda, berikut 5 hal yang menyebabkan anda gagal berpromosi di sosial media.

Penyebab kegagalan berpromosi di sosial media

  1. Mengabaikan Fungsi dari Media Sosial

  2. Banyak pebisnis yang justru tidak memahami potensi dari media sosial, mereka kehilangan kesempatan berharga untuk berhubungan dengan fans, memperkuat brand yang mereka bangun, dan mempromosikan produk mereka.
  3. Menyamakan "suka" dengan "penjualan"

  4. Banyak pebisnis mengelola fanpage sekedar untuk mendapatkan jutaan "suka" atau fans. Mendapatkan banyak penggemar dan feedback memang menyenangkan, tapi itu bukanlah tujuan akhir.
    Apakah jumlah fans menentukan jumlah penjualan? Jika penggemar anda bukan target pasar anda, maka kemungkinannya kecil. Jadi hindari terlalu terfokus pada mengejar penambahan penggemar dengan cara-cara yang justru mengaburkan target pasar anda.
  5. Lebih banyak bicara dibanding mendengar

  6. Anda mungkin terlalu "menghujani" penggemar anda dengan promosi, hal tersebut justru akan membuat mereka bosan dan terganggu, dan yang lebih penting adalah anda akan kehilangan kesempatan untuk mempelajari para penggemar fanspage anda.
    Kedepankan dialog untuk memahami selera dari pasar anda, ketika Anda belajar untuk mendengarkan dan memposisikan diri di tengah-tengah pasar, anda akan belajar untuk membangun sebuah komunitas minat dan hal tersebutlah yang sebenarnya meningkatkan penjualan.
  7. Tidak konsisten

  8. Terlalu sering berpromosi bisa berdampak kurang baik, namun terlalu jarang pun memberikan dampak yang sama. Konsistensi adalah hal yang sangat penting, biasakan menjadwal update anda dan menepati jadwal yang telah anda buat.
  9. Tidak fokus

  10. Begitu banyaknya pilihan untuk berpromosi saat ini, mulai dari blog, website, facebook, twitter, linkedin, dan lain sebagainya, membuat banyak pebisnis justru kehilangan fokus dari promosi mereka.
    Akan jauh lebih baik jika anda fokus pada mana yang anda rasa lebih strategis untuk promosi bisnis anda.

Jika ada salah satu dari 5 kesalahan di atas yang anda rasa telah anda lakukan, jangan khawatir, anda tidaklah sendiri dan selalu ada kesempatan untuk memperbaikinya. Kapan? anda sendiri yang menentukan.