Penyebab kegagalan berpromosi di sosial media
Mengabaikan Fungsi dari Media Sosial
Banyak pebisnis yang justru tidak memahami potensi dari media sosial, mereka kehilangan kesempatan berharga untuk berhubungan dengan fans, memperkuat brand yang mereka bangun, dan mempromosikan produk mereka. Menyamakan "suka" dengan "penjualan"
Banyak pebisnis mengelola fanpage sekedar untuk mendapatkan jutaan "suka" atau fans. Mendapatkan banyak penggemar dan feedback memang menyenangkan, tapi itu bukanlah tujuan akhir. Lebih banyak bicara dibanding mendengar
Anda mungkin terlalu "menghujani" penggemar anda dengan promosi, hal tersebut justru akan membuat mereka bosan dan terganggu, dan yang lebih penting adalah anda akan kehilangan kesempatan untuk mempelajari para penggemar fanspage anda. Tidak konsisten
Terlalu sering berpromosi bisa berdampak kurang baik, namun terlalu jarang pun memberikan dampak yang sama. Konsistensi adalah hal yang sangat penting, biasakan menjadwal update anda dan menepati jadwal yang telah anda buat.Tidak fokus
Begitu banyaknya pilihan untuk berpromosi saat ini, mulai dari blog, website, facebook, twitter, linkedin, dan lain sebagainya, membuat banyak pebisnis justru kehilangan fokus dari promosi mereka.
Apakah jumlah fans menentukan jumlah penjualan? Jika penggemar anda bukan target pasar anda, maka kemungkinannya kecil. Jadi hindari terlalu terfokus pada mengejar penambahan penggemar dengan cara-cara yang justru mengaburkan target pasar anda.
Kedepankan dialog untuk memahami selera dari pasar anda, ketika Anda belajar untuk mendengarkan dan memposisikan diri di tengah-tengah pasar, anda akan belajar untuk membangun sebuah komunitas minat dan hal tersebutlah yang sebenarnya meningkatkan penjualan.
Akan jauh lebih baik jika anda fokus pada mana yang anda rasa lebih strategis untuk promosi bisnis anda.
Jika ada salah satu dari 5 kesalahan di atas yang anda rasa telah anda lakukan, jangan khawatir, anda tidaklah sendiri dan selalu ada kesempatan untuk memperbaikinya. Kapan? anda sendiri yang menentukan.